Tuesday, October 16, 2018

Labuan Bajo Trip

HELLO HELLO PEOPLE!!!! Hello guys, SOOOOO udah lama banget aku ga tulis blog nih! udah lama banget hiatus tepatnya dari bulan 3 atau 4 keknya sampe sekarang nih! YUP! I know, soalnya seperti yang kalian tau juga belakangan ini sibuk banget dan aku seperti kek ga ada mood buat nulis blog nih. tapi seperti yang kalian requested kemarin di instagram, yes this is what i promise it!! BLOG POST ABOUT LABUAN BAJO!.

Yuk cerita bentar, karena udah lama banget ga nulis jadi pengen banyak cerita nih! jadi trip ini udah direncanain lama banget sih sebenarnya, jadi aku bakal jelasin ke kalian about my trip labuan bajo selama 4 hari 3 malem nih.

OKE First thing first, ini trip pure bayar sendiri ya no endorsement, jadi ini pure aku bakal bagiin ke kalian tentang experience aku di dalem kapal dan tempat tempat apa aja yang sudah aku datengin.

Untuk trip kemarin aku pake dari @labuanbajo_Hatta namanya, personally aku juga ga gitu research ya tentang dia, jadi ini udah diset ama temen temen aku semua untuk ikutan. Trip ini jumlahnya ada 12 orang dan per orang kurang lebih 4.1 juta. jadi kurang lebih ampir 50 juta la ya klu kalian mau sewa kapalnya untuk sendirian.

Untuk makan dapet sehari 3x ( pagi , siang , malem + dapet snack sore juga )

Let's start it!!

DAY 1 ( Arriving in bajo - naek kapal - pulau kelor - Pulau Kalong )

OKE, NEXT!! Untuk ke labuan bajo kalian harus ke Jakarta dulu ya, flightnya dari jakarta - labuan bajo ( jadi klu dari palembang harus beli dulu tiketnya palembang jakarta ya ). Dari Jakarta flight ada 2 yg direct di jam yg bersamaan juga beda sekitar 10 menit ada Batik Air dan Garuda Indonesia. Kebetulan saya dapet promo dari Garuda Indonesia jadi saya berangkat pukul 10.50 WIB dari Soekarno Hatta, flight di tempuh kurang lebih sekitar 2jam 20 menit dan dapet in flight meal , bihun goreng ikan dari Garuda Indonesia. Mendarat di Labuan Bajo BANDAR UDARA KOMODO jam 14.00 WITA yah beda 1 jam dari Jakarta dan Palembang.

Bandara KOMODOnya bagus bangunannya modern tapi untuk ukuran masih kecil ya, kalau di compare sama Palembang hehehe tapi untuk kenyamanan sangat bagus hehe. So pas arrived di labuan bajo, kita udah dijemput sama orang dari kapal yang rombongan bang hatta ini ( pake mobil). Perjalanan dari airport ke pelabuhan kurang lebih hanya 10 - 15 menit ga lama kok deket banget terus kita di ajak mampir ke mini mart gitu namanya ROXY MART percis di depannya pelabuhan kapal untuk beli makanan snack untuk sailing, lengkap ada kacamata snorkeling juga dll. Nah jangan lupa beli antimo yah, perlu banget dan minumnya 30 menit sebelom mulai naik kapal bagi yang mabok laut heheee.

Terus di pelabuhan kita di jemput sekoci kecil berkapasitas 6 org untuk nyeberang ke kapal layarnya yang berlabuh agak sedikit ke tengah laut ( alasannya sih karena kapalnya besar dan banyak karang di  daerah pelabuhan karena lebih dangkal ) jadi kapalnya tidak bisa berhenti di dekat pelabuhan. Ga sabar banget nih guys, deket kog sekitar 5-10 menit juga udah sampe ke kapal phinisi kita , keliatan dari pelabuhan juga, Okay setelah sampai ke kapalnya langsung deh susun barang ke kamar masing-masing.

First impressionn kapalnya sih, okelah bersih tapi agak sempit sih ( what do u expect ??!! ), oh iya ini kapalnya untuk kapasitas maksimal 12 orang, jika kalian perginya lebih rame atau gimana kapalnya bisa ganti ganti ya, jadi ini aku share yang aku naekin aja yaa. Jadi setelah beres2 kita langsung di panggil bang Hatta merapat untuk briefing tentang trip kita dan berdoa bersama agar trip ini lancar, Amin. Setelah berdoa, kita menuju ke area makan, chef kapal sudah menyiapkan lunch yang tertunda. Surprisingly makanannya super bikin ngiler menunya ada ikan asam manis, bakwan goreng , sayuran juga tumis labu dan cumi goreng tepung. YUMMY...!!!

Setelah makan kita siap-siap untuk berangkat menuju PULAU KELOR . Sebenarnya pulau ini bagus cuman sayang banget pas kita dateng udah agak sore dan mendung lagi! well whatever, jadi tetep hajar aja! Jadi kapal besar berhenti sekitar 10m dari pulau Kelor dan kita naik skoci kecil untuk ke daratannya pulau Kelor dan begitu seterusnya ya hehee.

Pulau Kelor

*notes karena ada sedikit hiking dan curam juga jadi mendingan pake sepatu atau sandal yang nyaman jangan licin ya.

Jadi pulau kelor itu adalah salah satu kepulauan di Labuan Bajo, pulaunya tidak ada penghuni ya dan indahnya itu kalau berada dari titik paling atas banget ya melihat pemandangan sekitar.  Untuk perjalanan naiknya ini extreme banget , hampir 75 derajat keatas untuk naik, well bagi yang ga kuat mendingan jangan deh karena ini cukup berbahaya tapi bang hatta super tanggung jawab sih dia naik turun bisa sampe 5-6 kali menjemput semua pesertanya hehe termasuk saya, di pegang erat sama bang hatta rasanya aman deh seimbang hehe asal jangan liat ke bawah aja. Tapi setelah sampai diatas, woh it's a million dollar view!! bagus bangett! ademm!!

Keluarkan kamera anda!!! Untuk spot foto menurutku ada 2 sih, ada yang dibawah pasir putih sama diatas pastinya, and ada 1 lagii di pantai ujung cuman kemarin ga sempet banget karena udah terlalu sore jadi ga sempet lihat. Dan hari semakin gelap kita harus kembali ke kapal demi mengejar ke pulau kalong!!

Pulau Kalong!

Jadi setelah kita packing up dari kelor, kita langsung naek kapal menuju destinasi selanjutnya. Which is pulau kalong atau bahasa lainnya kelelawar. Kita ga turun sih dari kapal, cuman liat dari kapal aja, jadi sebenarnya ini nih ada pulau yang hutannya lebat banget dan biasanya sore sore menuju malem bakal banyak banget kelelawar sekitar 1000an lebih keluar dari sarangnya untuk mencari makan, and yes bener banget! Banyak banget disini yang keluar dan the view is gorgeous! Langitnya pure orange red warnanya dan so so gorgeous! Terus banyak Batman lagi terbang di atas. Sekitar 15 menitan deh kita bisa menikmati pemandangan indah ini. Terus ruang makan udah wangi banget dengan makanan jadi laper hehehe.

Last but not least acara hari ini ditutup dengan makan malem and breifing buat schedule besok dan kita disuruh istirahat karena besok harus mengejar sunrise jam 5 pagi WITA di Pulau Padar, which is jam 2 waktu palembang/ jakarta ( jam 3 subuh WITA )! omaygoss udah harus bangun dan prepare antri mandi dll karena jam 4 WITA kita udah harus mulai hiking di padar untuk naik ke puncaknya katanya sih lumayan berat hehee.

DAY 2 ( PADAR ISLAND, LONG BEACH, PINK BEACH, KOMODO ISLAND )

So kita dibangunin jam 4 subuh ( BALI ) nih, trus disuruh bersiap untuk hiking. Gelep gelep kita udah disuruh ready karena mau kejer sunrise. Take note, bawa portable Senter ya, soalnya gelap gulita banget nih anak tangga semua bisa pake senter dari hp sih tapi sayang batre guys banyak yang harus di dokumentasikan di sini heheee , isi backpack dengan sedikit snack dan air minum juga untuk di atas juga pake sendal juga bisa sih asal jangan slippery aja ya yang nyaman. Trackingnya aman sih so far ada beberapa tanjakan tinggi, tapi better than pulau Kelor ya, hahaa maaf trauma ( jalanannya udah di bagusin sama pihak pemerintah ) dan jaga kebersihan ya jangan buang sampah sembarangan guys!

Pulau Padar

YES ini tinggi banget ini tapi ada part yang lebih tinggi lagi katanya hiker yang emang sudah pro boleh pilih track yang lebih berat,  kurang lebih naek keatas ada kali mau 30 menit kalau kalian santai tapi emang pemandanganya gila!! MANTAP dari jam 5 subuh sampai jam 8 pagi kita nongkrongin tuh pulau hehehe! Check it out!

Naeknya sih capek banget tapi turunnya ga berasa kok, mungkin karena udah terbayarkan dengan pemandangan pulau padar ini. Terus kita kembali deh ke kapal untuk breakfast dan siap-siap menuju long beach!!

Few hours sailling!

Long beach

NEXT, kita langsung ke long beach.  sebenarnya long beach ini terbilang jarang di kunjungi karena sedikit lebih jauh daripada pink beach ( sekitar 1 jam sailing )  dan ini pasirnya lebih pink dan lebih banyak daripada pink beach. Tapi texture pasirnya lebih tajem nih daripada pasir biasa pas mulai menginjakan kaki sedikit kaget agak nusuk ternyata warna pink berasal dari pecahan cangkang kerang makanya jadi lebih sedikit tajam.

Jadi ke long beach buat foto-foto ya, untuk snorkeling kurang bagus, lebih bagus di Pink beach.
Kemudian kita kembali ke Kapal dan berlayar ke Pink beach, persiapan untuk snorkeling. Dan paling penting SUNBLOCK ya guys, matahari Flores tajam sekali guys, pake yang spf 110 deh biar aman dan seluruh badan jangan lupa harus di oles terutama yang ga tertutup, muka juga penting! Terus kita bersiap-siap ganti baju renang deh buat snorkeling di Pink beach.

Pink Beach

Nah pink beach ini super rame, luasnya daratan pinknya masih kalah sama long beach. Jadi disini banyak banget yang snorkeling dan emang cukup bagus kok dan banyak banget ikan. Untuk perlengkapan snorkeling seperti kacamata dan sepatu disini sih udah include dari tour kapal kita ya termasuk pelampung juga dan dokumentasi camera underwater hehe.
Check it out :

Setelah puas bermain air, kita kembali ke kapal untuk makan siang dan heading to Pulau Komodo selama 4jam ya sambil santai-santai deh bilas air mandi dan mendengarkan cerita tentang komodo dragon dari bang hatta yang dulunya pernah jadi ranger komodo. Jadi selain pulau Komodo ada namanya pulau Rinca. Kebanyakan turis pilih ke Rinca karena lebih dekat jaraknya. Jadi komodonya asalnya dari Pulau komodo dan sebagian dari mereka bisa berenang pindah ke pulau Rinca. Wah ngebayangin komodo ini super hebat, bisa berenang, bisa lari secepat kilat dan berdiri berjalan dengan 2 kakinya heheee. But we all decided ke Pulau Komodo!! And here we are tegang banget tapi penasaran hehehe itulah rasanya cenat cenut bertemu komodo.

Pulau Komodo

KOMODO ISLAND!
Nah, sebenarnya pas disini kalian akan disuruh pilih 4 trek, short , medium , long dan advance trek . Rangernya sih bilang kalau short trek kemungkinan kecil bertemu dengan komodo. Ini alam liar jadi mereka ga bisa prediksi komodo bakal nongkrong dimana hehhee. Jadi di sarankan sih ambil medium trek. Kita akhirnya pilih tracking yang medium aja.

JENG!!! JENG!! JENG!! TEGANG!! Asalkan kita tetap dalam barisan dan tidak menjauh dari Ranger, dijamin pasti aman deh. Karena komodo itu ga targetin manusia kog kalo dianya ga di ganggu duluan. Jadi komodo itu yang berbahaya adalah liurnya itu venom hehe jadi kalau liurnya masuk ke tubuh bertemu darah, darah akan membeku dalam hitungan jam yah. Jarak pandang komodo itu buruk sekali semua berdasarkan penciuman, jadi kalo melihat ranger yg selalu membawa tongkat yang ujungnya bercabang dua seperti huruf 'Y' itu untuk mencolok hidungnya komodo saat komodo menyerang kita.

Okay di depan pintu masuk udah disambut oleh komodo yang berukuran masih kecil sekitar 2m terpisah dari temen-temennya solo career dia hehee. Kemudian setelah berjalan sekitar 10 menit kita ke lokasi yang katanya kemungkinan besar komodo pasti ada di sana berkumpul di genangan air hehe lagi SPA komodonya hehee. Dan bener ada 2 yang berukuran besar bagi saya , tapi  menurut ranger ada yang lebih besar tapi ini lumayan besar. Dan waktunya foto-foto bareng komodo deh. Serahkan media foto ke ranger karena mereka yang berani mendekat jarak 50cm di depan muka komodonya. Kita berdiri kira-kira jarak 1,5m. Ranger melarang tidak boleh terlalu dekat dengan komodo, jaga jarak agar aman.

Kemudian kami melanjutkan perjalananan yang masih cukup jauh dan banyak bertemu dengan hewan-hewan lainnya seperti Babi Hutan yang katanya adalah musuh besar si komodo hehee. Dan melewati sarang telur komodo dan sampai hampir ke tempat semula kita bertemu lagi dengan komodo yang kali ini beneran besar dan gemuk lagi berjemur sendirian hheee.

Note. Klu buat cewek, kalau lagi dateng bulan better ga usa ikut ya. Better stay di kapal aja karena mereka sensitif bau darah gitu tapi boleh tanya rangernya lagi ya soalnya mereka bisa jagain katanya kog. Di sana ada warga kampung Komodo yang menjual sovenir-sovenir berupa kaos komodo , patung komodo dan lain-lain , boleh mampir dan beli untuk cenderamata.

Okay kembali ke kapal untuk mandi beres beres dan dinner time, kita jadi bermalam di area pulau komodo. Dan Good news besok pagi gak perlu bangun subuh lagi ya hehe boleh siap-siap sekitar jam 7 WITA deh.

DAY 3 ( Taka makassar, Kanawa island , Manta Point , Goa Rangko , BACK TO LABUAN BAJO )

Last day on boat nih, ga berasa udah harus leave the boat dan pindah ke daratan Labuan Bajo.
Agenda kita untuk hari terakhir ini cukup padat ya, dan di perkirakan akan sampai daratan Labuan Bajo sore ke malam sekitar pukul 19.00. Jadi yang pertama adalah ke taka makasar dulu nih!!

Taka Makassar

Taka makassar adalah pulau pasir kecil yang berada di tengah-tengah laut  terbentuk dari surutnya air laut. Jadi ini pulau yang melayang di tengah tengah lautan, hanya pasirnya aja. Pas banget nih buat yang suka foto foto tempatnya best!! Siapin drone ya super keren kalo kita top shoot dari atas pake drone! Setelah foto-foto dan drone kita kembali ke kapal untuk melanjutkan perjalanan ke Kanawa.

Kanawa Island

NEXT!!!!

Next stop is kanawa island, Jujur aja disini ga ada apa-apa. Spot foto hanya jembatan panjang itu aja, dan paling di dekat tulisan 'Welcome to Kanawa Island' . Well its quiet a waste of time sih sebenernya kesini, tapi selagi kita udah sampe Flores ayo explore semuanya yah sampai habis hehhehehe. Dan waktunya kembali ke kapal untuk prepare baju renang yah kita mau mencari ikan manta, di tengah laut.

Manta Point

Perjalanan mencari ikan Manta di Manta Point, tengah laut. Terkadang dari kapal kita bisa melihat ikan mantanya gak perlu nyebur. Tapi di karenakan air laut yang lumayan tinggi jadinya kita gak bisa melihat jelas ke bawah dasar lautnya. Jadi juga harus pake sekoci keliling mencari ikan manta. Setelah cukup lama berputar akhirnya kita melihat ada 1 ikan manta dan team pun mulai turun dari sekoci perlahan supaya gak ngagetin ikan mantanya. And sedih banget tiba-tiba ada rombongan kapal lain yang datang menghampiri dan semuanya pada terjun membuat manta lari karena kaget sepertinya. Wah ini kalo dari atas sih ga keliatan gelap sekali bawah launya. Jadi on this trip ga ketemu deh sama si Manta. Next time ya Manta!!
Akhirnya setelah lelah bermain di tengah laut dikarenakan arus yang cukup tidak bersahabat akhirnya kita kembali ke kapal deh untuk istirahat.

Goa Rangko

LAST!! Sedih banget trip is about to end at GOA RANGKO! Nah ini hidden gem nih sepertinya, jadi ini goa indah yang tersembunyi , kita bisa berenang dengan kedalaman sekitar 8m dan banyak banget stalaktit gitu. Perjalanan kesini gila panas banget, trus pas dalem goa itu bener bener panas bangett! ga bakal tahan buat nyebur pasti! Ini tempatnya ga terlalu besar tapi buat berendem enak banget adem  airnya berasa bidadari lagi mandi hehe.

Nah ini mengakhiri perjalanan kita di labuan bajo, jadi setelah ini kita udah balik lagi ke pelabuhan dan menginap di kota Labuan Bajonya.  Well kita diajak dinner di pusat kota Bajo, dinner kali ini kita bayar sendiri, agak lupa apa nama tempatnya yang pasti sih dideket pelabuhan jalan kaki sekitar 10 menit  ada tempat makan gitu banyak dan seafoodnya murah murah trus enak nih dan ikannya beda dari ikan ikan kita di Palembang maupun Jakarta! wajib!( Check my ig story buat tempatnya ya )

Setelah kita makan nih, kita dijemput sama mobil hotel Jayakarta deh dan kita melewati jalan Soekarno Hatta yang menurut saya udah mulai berkembang banyak cafe-cafe ketcheeee jalanannya udah hampir mirip Bali Seminyak area. Wah kota Labuan Bajo cantik juga ternyata , sedih deh besok waktunya meninggalkan kota bajo.

DAY 4 ( BREAKFAST AT HOTEL )

Woke up so early in the morning untuk menikmati walaupun hanya half day di resort mewah Jayakarta. Tapi tetep deh nikmati sepuas puasnya. Breakfastnya juga enak banyak macem ada beberapa makanan lokal Flores seperti Jagung Bose namanya enak juga rasanya asin-asin gurih.
Nah sebelum pulang kita mampir dulu lunch diresto Italy Made in Italy, tapi sedikit kecewa masakannnya semua asin banget guys dari 5 dishes yg kita pesen only the pizza yang enak. Dan udah waktunya rushing ke Airport dan sebelum itu kita mau ke Exotica itu toko oleh-oleh percis di depannya Airport Komodo. Di sana ad jual kaos-kaos, sovenir, dan yang wajib dibeli ada KOPI FLORES BAJAWA ya itu super enak deh merknya La Bajo.

Sedih banget holiday is over ya!
Hiks.......

KESIMPULAN THIS TOUR:

Oke, aku lom cerita banyak tentang my trip kali ini ya, jadi aku bakal bahas nih apa aja isi kapalnya ya, dan segimana gede sih kapalnya :

Check it out:

nih foto kapalnya courtesy dari owner kapalnya ya, untuk kamarnya bisa diliat ya itu AC ny split ya jadi tipis banget antara dindingnya.

Untuk WC nya ada 2 di sisi kiri sama kanan, kekurangannya AIR nya kecil banget gila! tapi ya mau gimana lagi

NEXT itu yang gede banget adalah ruangan bersama, jadi klu kita sembari nunggu nikmatin angin biasanya kita duduk disana deh.

Untuk FOOD nya sih oke nih, sehari 3-4 kali dapet kok makanan, dari sarapan pagi, lunch, dan dinner. Overal foodnya banyak kok variatifnya kurang lebih 5-6 macem kok.

Untuk trip cost nya aku di 4.1 juta untuk 12 orang ya, dan untuk pilihan kapalnya aku rasa sih bisa berubah ya tergantung banyaknya orang yang join.

@Feast.it

1. Semoga bisa kesana ���� Keren!

2. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~